5 Tempat Wisata Sejarah di Palembang

Posted on

Atau secara resmi disebut sebagai Museum Negeri Provinsi Sumatra Selatan “Balaputra Dewa”. Nama Balaputra Dewa berasal dari Balaputra, raja Sriwijaya abad ke-9 dan mantan kepala dinasti Sailendra yang berpusat di Palembang.

Balaputra Dewa menampilkan sejarah dan tradisi dari provinsi Sumatra Selatan. Museum ini dibangun pada tahun 1978. Di museum ini terdapat kerajinan tradisional dan artefak yang ditemukan di Sumatera Selatan.

Bahkan dari zaman pra sejarah hingga zaman kolonial Belanda. Semua peninggalan dipemarkan di tiga ruang pameran. Museum ini menjadi salah satu dari tiga koleksi lokal publik setempat dari koleksi artefak Sriwijaya.

Baca juga : Tempat Wisata Sejarah di Cirebon

5. Bukit Seguntang

Foto by travel.tempo.co

Atau disebut juga Bukit Siguntang. Sebuah bukit kecil setinggi 30 meter dari permukaan laut yang terletak 3 km dari Sungai Musi. Di sekitar bukit ini kita akan menemukan temuan purbakala yang dikaitkan dengan kerajaan Sriwijaya.

Di puncak bukit ini terdapat beberapa makam yang dipercaya adalah leluhur warga Palembang. Oleh masyarakat sekitar ini dianggap keramat dan menjadi tempat ziarah. Kini kawan ini menjadi bagian taman purbakala untuk menjaga artefak yang mungkin belum terungkap.

 

Sumber:

https://id.m.wikipedia.org/wikipedia/wiki/Taman-Purbakala_Kerajaan_Sriwijaya

https://id.m.wikipedia.org/wikipedia/wiki/Pulau_Kemaro

https://id.m.wikipedia.org/wikipedia/wiki/Museum_Sultan_Mahmud_Badaruddin_II

https://id.m.wikipedia.org/wikipedia/wiki/Museum_Balaputera_Dewa

https://id.m.wikipedia.org/wikipedia/wiki/Bukit_Seguntang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *