5 Tempat Wisata Sejarah di Balikpapan

Posted on

Kembali lagi kita membahas tentang peninggalan masa Perang Dunia II. Peninggalan ini masih dari Jepang. Yang berupa bunker untuk pertahanan para prajuriti Jepang pada masa itu untuk menghindari musuh.

Bunker ini terletak di wilayah Barak Prajurit Batalyon Infanten 600/raider. Bunker ini diketahui telah dibangun pada tahun 1942 atas kemenangan Jepang dari Hindia Belanda. Sejak saat itu pembangunan Sarana pertahanan Jepang di Balikpapan mengalami perkembangan pesat.

Baca juga : Tempat Wisata Sejarah di Solo

5. Museum Kodam VI/Mulawarman

Foto by kaltim.prokal.co

Museum ini dibangun pada 2008 yang mulanya bernama Museum Tanjungpura. Museum ini terletak di Kampung Baru Tengah, Balikpapan. Museum ini merupakan kawasan konservasi milik TNI AD.

Di museum ini mengoleksi beberapa informasi mengenai sejarah kota Balikpapan, beberapa peralatan perang, foto-foto kota Balikpapan pada tempo dulu, dan beberapa benda berharga di bidang militer.

Museum ini memiliki 6 ruang utama. Ruang pertama terisi nama dan bingkai para pahlawan yang gugur di medan perang mempertahankan NKRI. Ruang kedua memuat 32 foto masa sulit perjuangan para tentara di Balikpapan.

Ruang ketiga, berisi koleksi senjata para prajurit. Ruang keempat, berisi peralatan kedokteran kuno dan alat komunikasi tentara. Ruang kelima berisi replika Tunggal Batalyon se Kalimantan. Ruang keenam adalah ruang audiovisual, tempat menyaksikan pertunjukan film documenter.

Sumber:

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Monumen_Perjuangan_Rakyat

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/04/21/wow-inilah-beberapa-peninggalan-jepang-di-balikpapan

https://www.google.com/amp/s/museumku.wordpress.com/2015/05/02/museum-kodam-vimulawarman/amp/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *