5 Pakaian Adat Sumatera Utara

Posted on

Selain memiliki suku batak, Sumatera Utara juga memiliki suku Nias. Memang dari lokasi letaknya terpisah sehingga membuat beberapa perbedaan pakaian adat batak dengan nias.

Suku nias yang terkenal akan tarian perang, nias juga memiliki pakaian adat juga yang didominasi oleh warna kuning dan emas. Untuk pakaian adat laki-laki disebut dengan Baru Onoiu sedangkan untuk perempuannya disebut Oroba Si Oli.

Untuk lelaki biasanya mengenakan atasan berbentuk rompi yang terbuat dari kulit kayu dan disebut dengan baru. Rompi ini tidak memiliki kancing dan biasanya berwarna kalem seperti hitam dan coklat.

Sama seperti lelaki, perempuan nias pun mengenakan kain yang terbuat dari kulit kayu atau blacu hitam. Dan dipadukan dengan aksesoris seperti gelang yang dinamakan aja kola yang memiliki berat hingga 100 kilogram.

5. Pakaian Adat Suku Melayu

Foto by ragam.cahunnes.com

Selain suku nias, di Sumatera Utara juga terdapat suku lain selain batak yakni suku melayu. Pakaian adat suku ini biasanya mengenakan baju kurung dan kain songket.

Untuk perempuan biasanya dipadukan dengan beberapa aksesoris seperti kalung dengan corak rantai serati, mentimun, sekar sukun dan tanggang.

Sedangkan untuk lelakinya mengenakan penutup kepala yang dinamakan tengkulak yang terbuat dari songket. Tengkulak ini merupakan simbol kebesaran dan kegagahan dari seornag lelaki suku Melayu. Selain itu, pakaian adat untuk lelakinya ditambah dengan hisaran rantai, lengas, dan sidat.

Baca juga : Tari Tradisional Batak

 

Sumber:

https://www.romadecade.org/pakaian-adat-sumatera-utara/#!

https://borneochannel.com/pakaian-adat-sumatera-utara/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *