5 Pakaian Adat Jakarta

Posted on

Pada jaman dulu, baju ini dikenakan oleh mereka yang berasal dari kaum bangsawan. Baju ini merupakan jas dengan celanan pentolan. Dan terdapat kain batik yang ujungnya berbentuk serong di atas lutut dan terdapat pisau raut di sana.

Ada beberapa aksesoreis tambahan seperti jam saku rantai dan kuku macan. Dengan bagian kepala mengenakan kopiah dan alas kaki menggunakan sepatu pantovel.

Sedangkan untuk perempuannya mengenakan baju kurung yang dikombinasikan dengan kain batik, kerudung, selendang, dan mengenakanan aksesoris seperti gelang, kalung, cincin, giwang.

Untuk saat ini, baju ujung serong hanya dikenakan pada acara resmi saja dan digunakan sebagai busana abang none Jakarta.

5. Pakaian Pengantin Betawi

Foto by pinterest.com

Pakaian pengantin betawi ini merupakan hasil akulturasi dari budaya Tiongkok, Arab, dan Melayu. Untuk lelaki yang memakai jubah panjang yang berwarna cerah seperti merah dengan baju bagian dalam yang berwarna lebih kalem seperti putih.

Dan di bagian kepala ditambahkan penutup kepala yang terbuat dari sorban. Ditambah dengan beberapa aksesoris seperti selendang bermotif dengan warna yang mencolok. Pakaian pengantin pria ini disebut juga Dandanan Care Haji.

Sedangkan untuk perempuannya mengenakan baju bergaya cina berwarna cerah dan dikombinasikan dengan rok model duyung berwarna gelap. Ada beberapa perhiasan yang dikenakan seperti kalung lebar, gelang listing, dan teratai manik-manik.

Untuk bagian kepalanya mengenakan kembang goyang motif burung hong, sanggul palsu yang berhias bunga melati lalu dikenakan cadar yang menutupi bagian wajah. Baju pengantin wanita betawi ini disebut juga Dandanan Care None Pengantin Cine.

Baca juga : Tempat Resepsi Murah di Jakarta

 

Sumber:

https://borneochannel.com/pakaian-adat-jakarta/

https://www.romadecade.org/pakaian-adat-betawi/#!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *