5 Pakaian Adat Banten

Posted on

Suku baduy dibagi menjadi dua yaitu suku baduy dalam yang sama sekali tidak mau berinteraksi dengan lingkungan luar , suku baduy luar yang masih mau berinteraksi tetapi ada batasan-batasan.

Baca juga : Lagu Daerah Sunda

4. Baju Adat Suku Baduy Dalam

Foto by Mediapendidikan.com

Pakaian suku baduy dalam yang dipakai oleh kaum laki-laki disebut dengan nama jamang sangsang, Penggunannya dengan cara disangsangkan atau digantungkan di badan, bahan yang dipakai berasal dari pintaian kapas asli yang diperoleh dari hutan, dan dijahit menggunakan tangan.

Baju adat suku baduy ini biasa nya bewarna putih ini melambangkan kesucian suku baduy yang tidak terpengaruhi budaya luar, Jadi mereka meskipun kelihatan terbelakang tetapi memegang prinsip yang kuat.

Pakaian suku baduy dalam yang dipakai oleh kaum wanita biasanya bewarna biru ketuaan pakaaian nya dari tumit hingga dada biasanya dipakai untuk sehari-hari dirumah.

5. Baju Adat Suku Baduy Luar

Foto by Wikipie.com

Pakain suku baduy luar mempunya desain yang lebih dinamis, untuk laki-laki memakai baju yang dijahit oleh mesin,memiliki kancing serta kantong, bahan nya pun beragam tidah hanya kapas murni.

Warna busana suku baduy luar adalah warna hitam, Oleh karena itu diberi nama baju kekelawar, Suku baduy luar mengenakan ikat kepala bewarna biru tua yang bercorak batik.

Untuk busana suku baduy waniya, Corak kain sarung atau kain Wanita hampi sama corak nya yaitu hitam dengan motif garis putih-putih .

Baca juga : Alat Musik Jawa

Itu adalah 5 Pakaian Adat Banten dari Takterlihat.com, Terima kasih telah Membaca Stay Read terus yah hanya di Takterlihat.com.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *