5 Pakaian Adat Bali

Posted on

Tapi jika diperhatikan, keduanya jelas memiliki perbedaan. Kebaya Bali yang memiliki desain pada lengan dan bahu yang terbuka. Dan kebaya Bali ini juga sama seperti kebaya Jawa yang dipakai hanya pada acara resmi saja.

Baca juga : Tempat Private Dinner di Jakarta

4. Selendang

Foto by pinterest.com

Selendang, mungkin di Jawa sering terlihat digunakan oleh para penari. Sedangkan di Jakarta sebagai aksesoris tambahan pada pakaian adatnya. Tapi di Bali selendang ini merupakan benda yang sangat penting.

Terbukti bahwa setiap perayaan ritual di Bali semua orang yang mengikuti ritual itu wajib mengenakan selendang. Bahkan para turis pun yang ingin memasuki tempat suci di Bali bisa hanya dengan mengenakan selendang saja.

5. Hiasan Kepala

Foto by santrialim.com

Pada pakaian adat Bali ini ada yang namanya hiasan kepala baik untuk lelaki ataupun perempuan. Untuk lelaki biasa disebut udeng sedangkan untuk perempuan biasa disebut sanggul atau pusung.

Bagi laki-laki biasanya mereka mengenakan udeng pada acara perayaan atau ritual di Bali. Tapi tak sedikit juga lelaki di Bali yang mengenakan udeng di hari-hari biasa.

Untuk perempuannya, disebut sanggul, sanggul Bali ini cukup berbeda dengan sanggul dari Jawa. Dan terdapat dua macam sanggul di Bali, yaitu pusung gonjer yang digunakan hanya untuk wanita yang masih lajang, dan pusung kepupu yang digunakan bagi wanita yang menyandang status janda.

Baca juga : Tempat Angker di Bali

 

Sumber:

https://www.romadecade.org/pakaian-adat-bali/#!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *