5 Pakaian Adat Aceh

Posted on

Siapa yang tidak kenal dengan bapak tokoh yang ada di poto itu, hayooo? Bapak presiden Joko Widodo sedang mengenakan Meukeutop, yaitu topi khas Aceh yang bentuknya runcing diatas seperti tanjak yaitu topi khas Sumatera Selatan.

Topi tersebut sangatlah terkesan mewah dengan lilitan dari kain sutera lengkap dengan bentuk bintang persegi delapan yang terbuat dari emas maupun kuningan.

Sama halnya seperti Kopiah, Meukotop juga merupakan mahkota laki-laki yang terbentuk dari pengaruh islam yang berasimiliasi dalam kebudayaan masyarakat di Aceh.

Baca juga:  Pakaian Ala Jepang

4. Patam Dhoe

sumber-bbjphotography.id

Sebenarnya Patam Dhoe bukanlah sebuah baju, melainkan perhiasan yang dikenakan bersamaan ketika mengenakan baju adat dari Aceh. Perhiasan ini khusus untuk wanita berbentuk seperti mahkota dan diletakkan di dahi.

Uniknya, di bagian depan terdapat tulisan kaligrafi yaitu tulisan Allah dan Muhammad. Motif inilah yang disebut dengan motif Bungoeng Kalimah.

Ketika seorang wanita menggunakannya terutama saat acara pernikahan, kesan seperti ratu atau bidadari yang cantik terpancar darinya. Bisa dilihat dari foto, bahwa kedua wanita itu sangat bahagia ketika mengenakan Patam Dhoe.

5. Sileuweu

sumber-idntimes

Wah, Liat yang berpasangan gini jomblo jadi iri pasti ya wkwk. Sileuwe ini sendiri adalah celana panjang berwarna hitam yang digunakan oleh laki-laki Aceh. Bukan sembarang celana, uniknya celana ini dihiasi dengan benang emas dan disulam dengan pola yang indah menghiasi celana tersebut.

Celana ini dipakai tak lupa bersama dengan kain songket khas Aceh yaitu Ijo Krong dengan panjang sebatas lutut. Kesan sopan dan bijaksana terpancar ketika celana ini digunakan dengan berbagai atribut yang melengkapinya seperti kain songket tadi.

Gravatar Image
Hidup adalah ujian, namun bagaimana cara kita menyelesaikan ujian itulah yang paling penting. Saatnya hidupkan lilin daripada memaki kegelapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *