5 Aturan Di Jepang yang Bisa Membuat Orang Indonesia Lebih Peka dengan Lingkungan

Posted on

Onsen merupakan pemandian air panas untuk umum. Masyarakat Jepang menjadikan pemandian air panas ini sebagai tradisi. Hanya ada yang unik dalam tradisi ini. Pengunjung diharuskan untuk melepas semua busananya kedalam pemandian. Tentu hal ini akan begitu asing dan merasa risih bila pengunjung dari mancanegara pertama kali ke tempat ini. Kebayang kan bila orang Indonesia kesini. Pasti udh heboh aja laki-laki sama laki-laki saling lihat punyanya masing-masing.

Selain itu, tiap pengunjung yang datang kesini diharuskan untuk menjaga kebersihan. Karena tempat ini sifatnya umum. Jadi jika Anda kesini jangan buang sampah sembarangan yaa. Terutama yang bawa anak kecil, jangan buang bungkus mie kremes ya dipinggir kolam hehehe.

4. Berhenti disisi kanan eskalator

Foto: travel.detik com

Budaya ini sebenarnya sudah menjadi peraturan internasional dalam menggunakan eskalator. Hanya di sakura inilah menjadi pelopor pengguna eskalator yang bijak. Hal tersebut bertujuan bila ada orang yang terburu-buru, orang tersebut sudah disediakan untuk jalan cepat disisi kiri. Hanya budaya seperti ini masih jarang ditemukan dinegara lainnya khususnya di Indonesia. Tau sendirikan orang Indonesia kadang suka gak peka hihihi.

Baca juga: 5 penginapan murah di Tokyo

5. Tidak diperkenankan untuk duduk di prioritas

Bila Anda sedang didalam kendaraan umum, tentu Anda akan melihat duduk prioritas diberbagai sisi kendaraan. Hanya di Indonesia, bila tempat sudah penuh, terkadang sudah tak peduli lagi dengan status orang tersebut. Bila Anda melakukan hal ini di Jepang, Anda akan ditegur oleh petugas disana dan orang-orang yang kategori prioritas. Disamping itu juga bila memang kursi beberapa tempat kursinya kosong, Anda lebih tidak diperkenankan untuk duduk di kursi tersebut.

Bila Anda kesana dan memang tempat duduk semua penuh serta Anda menduduki kursi prioritas, jangan pura-pura tidur ya bila ada orang kategori proritas hendak duduk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *