5 Alat Musik Khas Sumatra

Posted on

Baca juga: Alat Musik Sasando Asal NTT

4. Alat musik Faritia

Foto: dictio.id

Faritia dimainkan dengan cara dipukul dan biasanya dibuat dari bahan logam, Bentuk nya menyerupai
Talempong pada gamelan Jawa. Ukuran gong biasanya lebih besar jika dibandingkan dengan faritia.
Nah untuk diameter faritia antara ± 20 – 30 cm. Ketika dipukul, alat musik faritia ini akan menghasilkan suara yang sangat khas sekali.

5. Alat musik Garantung atau Kolintang

Foto: pinterest.com

Garantung adalah alat musik Batak Toba yang berawalan dari Sumatra Utara. Untuk instrumennya termasuk kategori xylophone. Alat musik ini dimainkan dengan menggunakan dua buah stik untuk tangan kiri dan tangan kanan. Untuk tangan kiri berfungsi juga sebagai pembawa melodi dan pembawa ritme, sedangkan di tangan kiri memukul bagian tangkai garantung dan sekaligus memainkan sebuah lagu juga.

Nah itu lah 5 alat musik khas Sumatra, gimana nih kamu tertarik ga k sih buat cobain? Kalau kamu suka musik apa lagi suka bermain alat musik, jangan cuma gitar dan drum saja yang kamu bisa, alat musik tradisional pun harus bisa dan jangan sampai kamu lupakan karena adanya alat musik Modern. Bagaimanapun alat musik tradisional ini tetap alat musik yang menyatu dengan seni.

Banyak sekali alat musik tradisional yang ada di Indonesia, kalau kamu senang dengan alat musik tradisional, tandanya kamu keren dan mau melestarikan budaya daerah-daerah. Walau kamu senang dengan modern, tapi kamu harus bisa juga melestarikan sesuatu yang lebih dulu hadir, seperti alat musik tradisional itu contohnya.

Mungkin setelah baca ini, kamu bisa ya mencoba alat musik tradisional, bahkan sekarang sudah canggih bisa menggunakan aplikasi musik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *