5 Alat Musik Khas Papua

Posted on

 

4. Triton

Foto by romadecade.com

Papua memang tak habis dengan keunikannya, kali ini alat musik triton berbeda dengan alat musik pada umumnya juga. Triton tidak dibuat atau diciptakan seperti alat musik tradisional lainnya melainnya ditemukan.

Yah, ditemukan, triton dapat ditemukan di pesisir pantai Papua seperti Biak, Yapen, Waropen, Nabire, dan Raja Ampat. Pada jaman dulu, triton digunakan untuk sarana komunikasi dan memanggil bantuan, untuk sekarang triton digunakan sebagai hiburan saja.

 

Baca juga : Alat Musik Tradisional Jawa

5. Tifa

Foto by negerikuindonesia.com

Layaknya seperti gendang, tifa yang dimiliki oleh Papua ini dimainkan dengan cara dipukul. Tifa terbuat dari batang kayu yang diambil isiya dan sisinya ditutup dengan kulit rusa yang telah dikeringkan yang menjadi penghasil suara dari tifa.

Di Papua, tifa memiliki beberapa jenis seperti tifa jekir, tifa dasar, tifa potong, tifa jeker potong dan tifa bas. Tifa biasanya digunakan sebagai pengiring lagu, berdansa yang dilengkapi dengan api unggun, sedangkan pada jaman dulu tifa digunakan sebagai pembangkit penyemangat dalam berperang.

 

Itulah beberapa alat musik tradisional khas yang berasal dari Papua. Mungkin satu atau dua memiliki kesamaan dengan daerah lain. Namun Papua juga tak kalah memiliki keunikan lain dengan daerah lain.

Seiring berjalannya waktu Papua memang sudah lebih dirangkul oleh Indonesia, namun bagi kita generasi penerus perlu juga untuk mempertahankan identitas Papua seperti alat musiknya karena itu masih bagian dari Indonesia.

 

Sumber:

https://alatmusik.org/alat-musik-tradisional-papua/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *