5 Alat Musik Khas Dayak, No.2 Kamu Pasti Tau

Posted on

Entebong ini bentuknya memang sangat mirip dengan kendang dan cara memainkannya pun sama yatu dengan dipukul. Tapi alat musii ini terdapat di Kabupaten Sekadau yang asli dibuat oleh tangan para suku Dayak. Walau sama tapi punya ciri khas sendiri juga yah.

 

4. Kecapi

Yang selanjutnya, udah ga aneh lagi dong namanya, kecapi ini merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Tengah dengan memiliki bentuk dan fungsi yang sama dengan alat musik suku Dayak lain di Kalimantan Barat, Utara, Maupun Timur.

Tapi kecapi dari Kalimantan Tengah ini memiliki ciri khas sendiri untuk membedakan dengan alat musik sampek. Permainan kecapi ini biasanya diiringi oleh gong, gendang, suling maupun rebab. Bahkan bisa juga diiringi oleh nyanyian. Sudah seperti siap untuk buat grup band tradisional yah hihi.

 

Baca juga : Lagu Daerah Asal Sunda

5. Sarun

Seperti pernah terdengar yah namanya, tak perlu jauh-jauh, Jawa punya Saron Kalimantan punya Sarun. Yap alat musik yang terakhir ini juga memiliki kemiripan seperti Saron. Sarun yang terbuat dari besi atau logam.

Walau keduanya tampak sama, tapi mereka berdua berbeda loh. Sarun ini hanya memiliki 5 lempengan logam dengan nada Do, Re, Mi, Fa, So, dan La. Tak ada Si, yah itulah ciri khasnya.

 

Nah segitu aja yah alat musik dari suku dayaknya, sebenarnya memang masih banyak. Kalau ada waktu lain pasti kita akan sambung lagi yah. Walau beberapa alat musik di atas memiliki persamaan dengan pulau lain. Mereka hanya mirip tapi berbeda yah karena masing-masing memiliki ciri khas nya masing-masing.

 

Sumber:

https://www.google.com/amp/s/ibnuasmara.com/alat-musik-tradisional-2/amp/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *