5 Alat Musik Khas Bugis

Posted on

Oleh sebab itu kecapi ini memiliki bentuk seperti perahu yang memiliki dua dawai, inilah yang menjadi poin pembeda kecapi bugis dengan kecapi yang berasal dari pulau lain. Permainan alat musik ini biasanya ada di acara penyamputan tamu, pernikahan, sampai hiburan hari ulang tahun.

Baca juga : Alat Musik Tradisional Dayak

3. Suling Bugis

Foto by steemit.com

Seperti dari tanah sunda, suku bugis juga memiliki alat musik yang bernama suling. Namun suling bugis ini memiliki beberapa jenis seperti suling panjang yang memiliki 5 lubang nada, sayangnya suling jenis ini telah punah.

Ada pula suling calabai yaitu suling yang sering dipadukan dengan biola, keapi dan ada seorang penyanyi yang menambah warna dalam permainan alat musik ini.

Yang terakhir yaitu jenis kecapi dupa samping, alat musik bamboo yang masih terpelihara dan terjaga, yang biasanya digunakan pada acara karnaval dan penyambutan tamu.

4. Gendang Bugis

Foto by astutipratiwi567.blogspot.com

Ya mungkin hampir setiap daerah yang kita bahas tentang alat musik khas nya salah satunya mungkin gendang akan masuk, seperti sekarang suku bugis juga memiliki alat musik yang bernama gendang.

Alat musik ini terbuat dari sebatang kayu pohon cendana, pohon nangka, pohon kelapa dan pohon jati. Itulah beberapa pilihan untuk membuat gendang yang berasal dari bugis ni karena memiliki ketahanan dan karakter bunyi yang dihasilkan dari kayu tersebut.

Baca juga : Alat Musik Tradisional Batak

5. Batti

Batti merupakan bagian dari nama alat musik tradisional suku bugis yang menggunakan alat seperti gambus. Musik ini sering dipertunjukkan dalam acara pernikahan, sunatan, dan acara pesta lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *