5 Alat Musik Khas Betawi

Posted on

Gong adalah alat musik khas Betawi yang dimainkan dengan cara dipukul pada sisi yang menonjol di permukaan depan. Alat musik ini sering kita temukan bersamaan dengan gendang dan  Gambang Kromong.

Gong merupakan alat musik tradisional yang harus dilestarikan, namun sekarang sedikit sekali yang menjadi pengrajin gong.

Gong yang telah ditempa belum dapat ditentukan nadanya. Nada gong baru terbentuk setelah dibilas dan dibersihkan. Apabila nadanya masih belum sesuai, gong dikerok sehingga lapisan perunggunya menjadi lebih tipis.

Suara gong yang unik menjadikannya digunakan pada acara perkawinan dengan tema adat Jawa. Ada banyak sekali jenis Gong, seperti Gong Kempul, Gong Agen, Bonang, Kulintan dan masih banyak lagi.

5. Kemong

sumber-sampelalatmusik.blogspot.com

Dilihat dari foto, indah sekali ya alat musik yang satu ini. Secara fisik, bentuknya hampir sama seperti gong. Bedanya adalah ukuran kemong lebih kecil dan berjumlah banyak dalam satu barisnya.

Cara memainkannya mudah saja, yaitu hanya dipukul menggunakan tongkat yang ujungnya sudah diberi pelapis berupa kain atau karet. Biasanya kemong ini dimainkan saat ada pertunjukan musik atau dalam perayaan khusus orang Betawi.

 

Nah, itu tadi beberapa alat musik Kash Betawi. Kalau kamu tau alat musik khas Betawi yang lainnya, silahkan komen ya hehee..

 

Sumber:

https://www.nesabamedia.com/alat-musik-betawi/

Gravatar Image
Hidup adalah ujian, namun bagaimana cara kita menyelesaikan ujian itulah yang paling penting. Saatnya hidupkan lilin daripada memaki kegelapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *