4 Pakaian Adat NTT

Posted on

Pakaian adat dari suku Helong ini sama seperti suku lain yang terdiri dari 2 macam yaitu pakaian adat bagi lelaki dan bagi perempuan yang masing-masing memiliki keunkannya tersendiri.

Untuk lelaki suku Helong pakaian adatnya terdiri dari baju bodo atau dikenal dengan kemeja yang dipadukan dengan pakaian yang berbentuk seperti selimut lebar yang diikat di bagian pinggang dan dijadikan sebagai bawahan.

Sedangkan untuk perempuannya mengenakan kebaya atau kemben, lalu sarung yang diikat dengan pending yang dijadikan sebagai bawahan lalu ditambah hiasan kepala bula molik (berbentuk bulan sabit), giwang, dan perhiasan leher yang berbentuk bulan sabit.

Baca juga : Pakaian Adat Maluku

4. Pakaian Adat Suku Dawan

Foto by instazu.com

Pada umumnya pakaian adat NTT ini memiliki kesamaan namun memiliki perbedaan signifikan yang terletak pada aksesoris yang dikenakan. Seperti pakaian adat dari suku Dawan yang disebut dengan baju Amarasi.

Untuk lelaki suku ini mengenakan baju bodo dengan bawahan berupa selimut dari kain tenun, dengan tambahan aksesoris seperti kalung habas berbandung gong, ikat kepala dengan hiasan tiara, muti salak dan gelang timor.

Sedangkan untuk perempuannya mengenakan sarung tenun yang dijadikan bawahan, dan selendang yang dijadikan sebagai penutup dada, serta mengenakan kebaya juga.

Untuk perhiasannya, mengenakan kalung mutik salak, hiasan kepala yang berbentuk konde dengan tiga buah koin, sisir emas, dan gelang kepala ular.

Sumber:

https://www.sejarah-negara.com/pakaian-adat-nusa-tengggara-timur-ntt/

http://www.infobudaya.net/2019/03/yuk-kenali-pakaian-khas-nusa-tenggara-timur/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *